Minggu, 15 Mei 2011

SUMBANG PENDAPAT (brainstorming)

Pengantar

Brainstorming adalah suatu teknik kreativitas kelompok untuk mencoba menemukan solusi terhadap persoalan khusus yang dihadapi dengan mengumpulkan sejumlah paparan ide secara spontan dari masing-masing anggota. Pemaparan ide yang disampaikan oleh anggota dalam suatu kelompok dapat dikumpulkan dan ditulis langsung di papan tulis, program Powerpoint di komputer yang disambung dengan  projector, atau dapat menggunakan software inspiration atau kidspiration yang dapat diunduh secara gratis dari Internet.
Keunggulan brainstorming adalah dapat menciptakan ide-ide baru, menyelesaiakan masalah, memberi motivasi dan mengembangkan kelompok. Dikatakan memberi motivasi karena melibatkan setiap anggota dalam kelompok dan memberikan kesempatan kepada kelompok untuk bekerja sama. Namun, bukan berarti bahwa brainstorming semata-mata mengembangkan aktivitas secara random (acak), tetapi juga membutuhkan aktivitas terstruktur dan mengikuti pola aturan dan prosedur tertentu.

Tujuan
Melalui aktivitas pembelajaran brainstorming, peserta didik dapat memiliki kemampuan dan keterampilan untuk:
1.   Memaparkan ide yang berhubungan dengan area topik yang dibahas
2.   Mengembangkan kreativitas berpikir
3.   Menemukan solusi terhadap masalah yang dihadapi

Bahan/alat
Alat tulis-menulis, pencil, fulpen, buku catatan, kapur/spidol, papan tulis atau komputer, LCD projector, atau software inspiration.

Prosedur
a.   Guru menentukan topik pembahasan yang memerlukan aktivitas brainstorming
b.   Guru meminta setiap peserta didik mengemukakan ide yang berhubungan dengan komponen-komponen judul, sub-judul atau bagian-bagian yang lebih kecil dari itu
c.    Guru mencatat atau mengetik setiap kata atau kalimat yang dipaparkan oleh masing-masing peserta didik.
d.   Guru membuat kategori, menggabungkan, atau memperbaiki kemungkinan adanya kesalahan kata tetapi maksudnya benar oleh peserta didik
e.   Secara bersama-sama guru dan peserta didik menilai, menganalisis efek atau hasil
f.    Prioritaskan pilihan / susun daftar kata yang sesuai
g. Menyimpulkan dan menentukan aktivitas tindak lanjut. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar