Minggu, 15 Mei 2011

MENULIS JURNAL (JOURNAL WRITING)

Pengantar

Secara sederhana, menulis jurnal adalah suatu bentuk aktivitas menulis secara teratur tentang pengalaman dan pikiran dalam proses pembelajaran.  Dengan kata lain bahwa menulis jurnal adalah aktivitas menulis secara berseri yang dilakukan secara terus-menerus untuk merespon pengalaman dan peristiwa pembelajaran (42explore, 2011).  Jurnal mencakup gambaran konkrit tentang pengalaman belajar, refleksi perasaan dan emosi, keadaan pemahaman, dan bentuk keterampilan yang mungkin diperoleh dari hasil aktivitas pembelajaran. 
Suatu jurnal merupakan alat untuk menemukan diri (self-discovery), alat bantu konsentrasi, jendela jiwa, suatu wadah untuk menangkap ide-ide, katup pengaman emosi, wadah untuk menempa bakat menulis, dan merupakan sarana untuk meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri (Smith, 2011). Dengan demikian, menulis jurnal adalah proses refleksi sebagai perwujudan pemahaman yang mendalam tentang apa yang telah dipelajari yang dikaitkan dengan kondisi ril yang terjadi dalam masyarakat.
Biasanya, jurnal dibuat minimal untuk satu pokok bahasan. Namun banyak juga guru membuatnya untuk tiga pokok bahasan. Hal ini dilakukan untuk memberikan ruang pada peserta didik mengkaji lebih banyak pengalaman dan refleksi sehingga dapat melakukan asimilasi,  akomodasi dan bahkan ekuilibrasi.

Tujuan
            Tujuan pelaksanaan aktivitas pembelajaran menulis jurnal adalah untuk :
  1. Melatih peserta didik dalam mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan nyata dalam masyarakat
  2. Peserta didik mampu mengonstruksi pikirannya secara kompleks berdasarkan pengalaman yang diperoleh melalui lingkungan
  3. Melakukan refleksi sejauh mana peserta didik dapat menguasai materi pelajaran yang diberikan
  4. Mengembangkan kreativitas menulis peserta didik
  5. Memotivasi peserta didik untuk dapat menghasilkan tulisan yang berguna bagi orang lain.

Bahan/alat
- Alat tulis-menulis                       - pencil
- fulpen                                         - pensil
- penghapus                                  - buku catatan
- kertas bergaris                            - komputer
- printer                                         - staples, dan lain-lain.

Prosedur
a.   Guru menentukan topik pembahasan untuk ditulis dalam bentuk jurnal
b.   Guru menentukan durasi waktu untuk penulisan (jika dilakukan di ruang kelas atau di rumah).
c.    Peserta didik diminta untuk melakukan refleksi terhadap pengalaman belajar tentang suatu materi pelajaran yang telah diperoleh termasuk pengetahuan, perasaan, dan kemampuan, kemudian menuliskannya
d.   Peserta didik mengaitkan apa yang dipelajari dengan pengetahuan atau pengalaman sebelumnya
e.   Peserta didik mengonstruksi pengetahuan baru dari hasil perpaduanan antara pengetahuan yang diperoleh dengan pengalaman sebelumnya, kemudian menuliskannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar